Rabu, 22 April 2015

Berbagai Pengetahuan Mengenai Madu


Sehat Alami - Madu sudah tidak asing lagi bagi kita untuk di konsumsi sehari-hari. Madu yang merupakan cairan yang sangat kental dan manis ini berasal dari serangga lebah. Cara proses pembuatan menjadi madu yakni lebah yang sudah menhisap sari dari bunga atau yang biasa di kenal dengan nektar lalu sang lebah atau tawon tersebut membuat sarang tawon yang berisi madu tersebut. Di Indonesia sendiri biasanya madu dari lebah bisa di ternak ataupun di dapatkan secara alami pada hutan yang ada di Indonesia. Rasa pada hutan alami dan madu yang khusus di kembang biakkan oleh manusia biasanya tidak jauh berbeda dan kandungan zat yang baik bagi tubuh juga relatif sama.

Madu biasanya dapat di konsumsi langsung oleh manusia untuk menjaga daya tahan tubuh dan bisa juga di jadikan obat untuk berbagai macam penyakit ringan. Namun bagi anda yang sangat suka menikmati madu maka harus hati-hati dalam membeli madu karena saat ini banyak sekali di pasaran yang menjual madu palsu dan harga yang sangat terjangkau juga. Ada beberapa menguji madu itu asli atau palsu di antaranya :

* Jika madu asli kalau di simpan di dalam kulkas pembeku atau freezer berapa lamapun maka dia tidak akan pernah membeku beda dengan madu palsu yang akan membeku karena terdapat campuran air dan gula di dalam madu tersebut.
* Madu asli kalau di campurkan dengan segelas air maka dia akan tetap berada di bawah air dan air tetap dalam keadaan yang jernih. Sedangkan madu palsu jika sudah terlalu lama maka air akan menjadi keruh.
* Taruh madu dalam wadah sedok kemudian di panaskan dengan api maka madu asli akan meluber hingga tumpah dari sendok tersebut sedangkan madu palsu hanya mendidih seperti biasanya pada air.
* Kalau di taruh pada wadah yang terbuka maka madu tidak akan cepat mengering berbeda dengan air.
* Apabila di teteskan ke bagian lembaran koran maka madu tidak akan menembuas lapisan koran tersebut sangat jauh berbeda dengan madu palsu yang sudah di campuri dengan air.

Itulah berbagai cara yang bisa anda pakai untuk menguji keaslian dari madu yang ada konsumsi setiap harinya. Sedangkan manfaat baik dari madu untuk kesehatan juga terdiri dari beberapa macam di antaranya :

^ Madu bisa di gunakan untuk mengeringkan luka pada tubuh.
^ Dapat berfungsi untuk meningkatkan daya ingatan
^ Meningkatkan metabolisme pada tubuh manusia
^ Menjaga stamina pada aktifitas anda
^ Walaupun rasanya manis namun bisa mencegah penyakit Diabetes
^ Mencegah kanker dan sakit jantung
^ Menekan panyakit kolestrol pada tubuh
^ Mengobati penyakit batuk, radang tenggorokan dan kesehatan   pada fungsi cerna manusia.

Sedangkan manfaat lain dari madu untuk perawatan kecantikan pada wajah juga ada loh ternyata. Beberapa ulasan mengenai manfaat madu untuk perawatan kecantikan antara lain :

^ Madu bisa mengangkat flek hitam pada kulit wajah
^ berguna juga untuk mencerahkan kulit
^ Menghaluskan kulit wajah yang kasar pada permukaan luar kulit
^ Mencegah penuaan diri pada manusia
^ Menghilangkan iritasi pada kulit dan alergi
^ Bisa membuat rambut menjadi lembut dan menjadi lebih lurus
^ Membuat rambut lebih kuat dan tak muda rontok
^ Mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah

Demikianlah beberapa tips yang di berikan kepada semua yang ingin mengetahui manfaat yang sangat banyak pada madu. Semoga saja artikel ini bisa lebih bermanfaat bagi kita semua untuk berbagi informasi mengenai madu.


0 komentar:

Posting Komentar