Selasa, 05 Mei 2015

Ini Berita - Pengertian Menstruasi Dan Cara Menjaganya Tetap Sehat Dan Bersih


Tips Sehat Alami - Seluruh wanita di dunia yang mulai masuk pada masa puber pasti wajib mengalami yang namanya Menstruasi atau yang biasa di sebut dengan Haid. Menstruasi tergolong masih normal terjadi pada manusia walaupun mengeluarkan darah kotor dari sistem reproduksi mereka. Pengertian dari Menstruasi itu sendiri adalah perubahan yang terjadi pada fisiologis dalam tubuh perrempuan terjadi secara berkala setiap bulannya yang di pengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH atau Estrogen dan LH atau Progesteron. Proses terjadinya haid yang setiap bulan itu terjadi pada kisaran usia remaja dan yang sudah mau memasuki masa menopause. Dalam jangka waktu 1 bulan biasanya Haid yang normal akan muncul pada wanita hanya dalam 1 minggu juga maka haid atau Menstruasi tersebut akan selesai. Di masa-masa sedang menjalani haid maka pada umumnya sifat atau perasaan yang di terjadi pada wanita ini akan terlihat berbeda dari pada biasanya. Sering mengalami sakit pada perut, sakit pada payudara, sakit kepada yang membuat perasaan mudah marah atau sangat sensitif menjadi hal yang biasa terjadi pada wanita.

Jika dalam waktu 2 bulan tidak terjadi Menstruasi pada wanita maka hal tersebut harus di waspadai oleh wanita. Ada beberapa penyebab yang membuat telat datang bulan di antaranya adalah

* Stes yang terjadi akibat pikiran dari sang wanita ini terlalu banyak

* Faktor berat badan yang berlebih atau kegemukan biasanya juga menjadi alasan utama Menstruasi tidak lancar.

* Ukuran tubuh yang tidak ideal karena terlalu kurus juga bisa terjadi haid menjadi telat.

* Bagi yang sudah menikah dan yang akan segera mempunyai anak biasanya telat datang bulan akan terjadi sebelum sang istri di nyatakan hamil oleh dokter atau alat pengetes kehamilan atau testpack.

* Faktor makanan yang kurang bergizi dan makan tidak teratur tergolong bisa menyebabkan telat datang bulan.

* Wanita yang sudah memasuki usia lanjut atau Pra Menopause karena rahimnya yang sudah termaksud non produktif dalam menghasilkan janin maka Menstruasi juga bisa terjadi secara tidak teratur.

Apabila anda sudah merasakan gejala di mana telat datang bulan sudah mengganggu kesehatan anda maka segeralah komsumsi obat untuk mengatasinya atau segera kunjungi dokter untuk berkonsultasi masalah haid yang tidak lancar tersebut sebelum terjadi penyakit yang dapat membahayakan nyawa anda. Selain itu kali ini kita juga akan membahas mengenai beberapa tips cara mengatasi haid agar tetap sehat dan bersih dalam sistem reproduksi wanita. Berikut ini ada beberapa tips yang berguna pada wanita yang sedang mengalami masa Menstruasi atau haid antara lain :

^ Bersihkan dengan menggunakan air hangat di bagian kewanitaan anda seperti area vagina hingga anus anda. Cara membersihkannya harus dengan cara bersihkan vagina dahulu baru bagian anus agar anda bisa terhindar dari segala bakteri yang terdapat pada anus karena bakteri tersebut bisa dengan mudah berkontaminasi di daerah vagina.
^ Bersihkan menggunkana sabun yang seharusnya di gunakan untuk membersihkan bagian kewanitaan. Ingat hindari pemakaiaan sabun yang berbau sangat menyengat karena pada umumnya sabun tersebut banyak mengandung bahan kimia yang berbahaya pada kesehatan datang bulan. Setelah itu kembali basuh menggunakan air bersih hingga noda sabun tidak tersisa lagi di daerah kewanitaan anda.
^ Setelah itu keringkan menggunakan handuk atau kain yang lembut dan tidak berbulu kasar agar kebersihkan akan tetap terjaga tanpa ada bakteri dari handuk yang menempel pada bagian vagina anda.
^ Pada hari di mana masih menjadi awal masa Menstruasi maka anda sebaiknya di anjurkan untuk sesering mungkin menganti pembalut dalam sehari karena pada saat itu darah kotor yang keluar dari sistem reproduksi wanita pasti dalam jumlah banyak.


Dari pembahasan di atas mungkin bisa menjadi acuan untuk tetap sehat dan bersih pada saat menjalani masa Menstruasi wanita. Ingat hidup sehat itu penting loh..



0 komentar:

Posting Komentar